Cara Memilih Supplier Untuk Dropship
Blog

Cara Mudah Memilih Supplier yang Tepat untuk Bisnis Dropship Dan Reseller

Bagaimana cara mencari supplier untuk dropship? Ketika memutuskan untuk terjun ke bisnis Dropship, maka hal yang sangat wajib kamu lakukan adalah memilih supplier yang tepat untuk menunjang bisnis kamu. Sehingga ketika bisnis dropship kamu mulai berjalan tidak akan mengalami kendala dan masalah.

Sebelum memulai bisnis dropship pastikan bahwa kamu memilih supplier yang terpercaya dan bertanggung jawab. Bekerjasama dengan supplier yang terpercaya dan bertanggung jawab akan sangat membantu berjalannya bisnis kamu.

Mencari supplier untuk dropship maupun reseller tidak boleh asal-asalan, karena ini akan berpengaruh pada reputasi toko kamu. Jika kamu salah pilih supplier, ini akan sangat berbahaya pada kelangsungan bisnis kamu yang memungkinkan orang akan enggan berbelanja di toko kamu.

Untuk membantu kamu menemukan supplier terbaik, di artikel ini kami sudah menyiapkan cara memilih supplier terbaik yang tepat untuk menunjang bisnis kamu berjalan dengan lancar dan sukses. Mari langsung saja kita mulai!

Ciri-Ciri Supplier yang Baik

Sebelum memasuki ke pembahasan utama yaitu cara mencari supplier yang tepat, kami ingin kamu tahu terlebih dahulu ciri-ciri supplier yang baik. Berikut beberapa ciri-ciri supplier yang dapat kamu jadikan sebagai mitra bisnis kamu:

  1. Fast respon, supplier yang baik adalah mereka yang cepat memberi tanggapan terhadap pertanyaan-pertanyaan yang kamu ajukan kepada mereka. Supplier yang baik juga akan segera memberi solusi ketika kamu mengalami kendala terhadap produk yang kamu ambil dari mereka.
  2. Tidak mencantumkan nama dan nomor toko mereka sendiri, mereka hanya akan mencantumkan nama toko dan nomor kamu saja.
  3. Barang yang dikirim sesuai dengan pesanan, deskripsi dan benar-benar sampai kepada tangan konsumen kamu.
  4. Memberikan biaya per-order yang masuk akal, supplier yang baik akan memberikan biaya per-order yang tidak terlalu tinggi.
  5. Memberikan pelatihan pada reseller baru, Supplier yang bertanggungjawab akan memberikan pelatihan kepada setiap reseller yang baru bergabung.
  6. Supplier yang baik, tentu saja memiliki situs website yang dapat kamu kunjungi setiap saat.
  7. Untuk membuat pelanggan kamu puas, supplier akan melakukan pengiriman dengan waktu yang cepat.
  8. Menyediakan kualitas produk terbaik, Supplier yang baik adalah mereka yang menyediakan produk-produk dengan kualitas terbaik. Sehingga baik kamu atau konsumen kamu tidak akan kecewa.

Cara Memilih Supplier Terpercaya dan Bertanggungjawab

Tips Mencari supplier untuk dropship

Mencari supplier mungkin sangat mudah tapi untuk menemukan yang terpercaya dan bertanggungjawab tidaklah semudah yang kamu bayangkan. Berikut 3 cara mudah menemukan supplier terpercaya yang bisa kamu lakukan.

1. Memilih Supplier di Marketplace

Cara memilih supplier yang pertama adalah melalui marketplace. Kamu bisa mengunjungi marketplace terkenal di Indonesia, misalnya saja Shopee. Untuk menemukan supplier yang tepat pastikan kamu melakukan langkah-langkah berikut.

Dropship

1. Melihat Jumlah Penjualan Produk

Jika kamu ingin menjual produk seperti kaos, kamu bisa mencari toko kaos yang memiliki jumlah penjualan tinggi. Karena toko yang memiliki banyak pembeli sudah dipastikan memiliki reputasi yang baik dari segi produk hingga pengiriman.

Kamu dapat melihat profil dari toko yang ingin dijadikan sebagai supplier kamu. Jika toko tersebut telah menjual ratusan produk dan memiliki penilaian yang positif Anda dapat lanjut ke langkah berikutnya.

2. Chat Pelapak

Setelah kamu melakukan penelitian terhadap toko yang kamu incar, langkah selanjutnya adalah mulai chat pelapak. Disini kamu bisa melihat seberapa ramah mereka terhadap konsumen dan seberapa lama durasi mereka membalas.

Ini memang tidak terlalu berpengaruh jika kamu ingin menjadi dropshipper mereka, tapi ada baiknya kamu tahu bahwa mereka akan memberikan respon yang baik dan cepat. Sehingga ketika kamu mengalami kendala seputar produk atau masalah pengiriman, kamu dapat langsung mendapatkan solusi dari supplier.

Kamu dapat menanyakan waktu pengiriman sehingga kamu akan lebih mudah untuk mengifokan kepada pelanggan. Kamu juga bisa menanyakan harga khusus yang akan di berikan kepada dropshipper, jadi kamu bisa mendapatkan keuntungan.

3. Test Kirim Barang ke Alamat Kamu Melalui Sistem Dropship

Untuk membuat kamu semakin yakin terhadap toko yang akan kamu jadikan sebagai supplier, kamu bisa melakukan tes pengiriman. Kamu bisa membeli salah satu produk dari calon supplier kamu dengan sistem dropshipper.

Jika barang telah sampai ke alamat kamu, kamu bisa langsung mengeceknya, apakah produk yang kamu pesan sesuai dengan pesanan (deskripsi), apakah alamat pengiriman sudah sesuai dengan yang kamu cantumkan dan apakan mereka menuliskan nama toko dan nomer mereka.

Jika mereka mengirim barang sesuai pesanan dan ke alamat yang sesuai serta tidak mencantumkan nama dan toko mereka berarti toko tersebut dapat kamu jadikan sebagai mitra bisnis dropship kamu.

Reseller

Bagi kamu yang ingin menjadi reseller juga bisa memilih supplier melalui marketplace, kamu bisa mencari toko yang menawarkan harga grosir. Tidak jarang toko yang menawarkan harga grosir jika kamu membeli dengan jumlah banyak. Nah, ini bisa kamu manfaatkan untuk menemukan supplier untuk bisnis reseller kamu, pastikan mereka memberi harga grosirnya yang dapat menguntungkan kamu.

Untuk menghindari kekecewaan, kamu bisa membeli satu produk dulu untuk uji coba, apakah toko tersebut menjadi kandidat kuat untuk menjadi supplier kamu. Jika apa yang kamu sesuai dengan pesanan dan pengirimnya cepat, kamu dapat memutuskannya sendiri.

2. Cara Memilih Supplier Melalui Media Sosial

Cara memilih supplier melalui media sosial sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mencari supplier di marketplace. Tapi yang membedakan hanya testimoni dari pelanggan saja.

Ketika kamu mencari supplier terpercaya melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram, kamu harus benar-benar teliti. Dengan kamu teliti, ini akan menghindarkan kamu dari penipuan. Nah, berikut cara memilih supplier dari media sosial.

1. Perhatikan Testimoni

Kunjungi toko dan perhatikan testimoni pelanggan, toko yang yang baik akan memiliki banyak testimoni yang real. Jika toko yang Anda kunjungi memiliki banyak testimoni kepuasan pelanggan dan itu nyata, kamu bisa mencoba membeli satu produk dulu.

Untuk lebih meyakinkan, kamu juga bisa melihat foto atau video pengemasan barang yang akan mereka kirim kepada pelanggan mereka.

Salah satu untuk meyakinkan bahwa penjual amanah, kamu bisa mencoba membeli produknya. Jika mereka mengirimkan pesanan kamu sesuai dengan pesanan, maka kamu bisa memutuskan apakah kamu mau menjadi dropshipper atau reseller mereka.

2. Hubungi Penjual

Seperti yang kamu lakukan saat kamu memilih supplier di marketpalce, kamu juga perlu untuk menghubungi penjual di media sosial. Ini dapat membantu kamu mengetahui respon mereka terhadap calon pembeli, apakah mereka cepat menjawab pertanyaan-pertanyaan kamu dengan keramahan mereka.

Ini menjadi poin penting bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis dropship maupun reseller, karena dengan supplier yang fast respon dapat membantu dalam memecahkan masalah ketika kamu mengalami kendala seputar produk maupun pengiriman.

3. Pilih Supplier yang Memberi Fasilitas Lebih

Supplier yang baik biasanya memberikan fasilitas lebih kepada dropshipper dan reseller seperti menyediakan grup diskusi, dan sistem yang menguntungkan bagi dropship dan reseller.

3. Memilih Supplier Melalui Toko Online

Kamu bisa memilih supplier untuk bisnis dropship dan reseller kamu melalui toko online. Bisnis yang memiliki toko online dianggap sebagai bisnis yang profesional dan terpercaya. Ketika kamu mencari supplier di marketplace dan media sosial pastikan bahwa toko yang akan kamu pilih memiliki website toko online.

Biasanya ketika kamu mengunjungi toko online, informasi yang ada di dalam toko online lebih lengkap jika dibandingkan dengan marketplace dan media sosial. Kamu dapat melakukan penelitian dengan melihat isi toko online seperti testimoni, produk-produk dan juga persyaratan mendaftar menjadi dropship maupun reseller.

Caranya cukup mudah, ketika kamu ingin menentukan supplier mana yang cocok dengan kamu, kamu perlu memasatikan bahwa mereka memiliki situs website toko online. Sehingga kamu bisa mengunjungi toko online dari supplier kamu setiap waktu.

Tanyakan kepada mereka apakah ia punya toko online atau tidak, jika punya kamu bisa langsung melakukan penelitian. Tapi jika mereka tidak memiliki situs website, maka kamu bisa memilih supplier lain yang telah memiliki toko online.

Mau Bisnis online Tanpa Modal?

Mau jualan Online tanpa modal? Bisa banget, kamu bisa menjadi dropshipper atau reseller Warung kaos. Warung Kaos mengajak orang-orang yang serius ingin mencari nafkah secara online dengan membuka pendaftaran reseller dan dropshipper.

Kamu bisa menjual kaos sablon dan polos tanpa harus memiliki stock, kamu juga bisa meraih keuntungan lebih besar, cukup dengan bergabung menjadi reseller maupun dropshipper Warung Kaos. Yuk daftar dropshipper sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *